Tips Membeli Android Gaming Bagian 2

Baterai

Ya, memang terdengar sepele. Akan tetapi, daya tahan baterai menjadi masalah yang serius ketika bermain game. Mengapa demikian? Game terbaru, terutama yang memiliki tampilan grafs HD 3D, mampu menghabiskan daya baterai dengan sangat cepat. Persiapkan dirimu dengan mengganti baterai standar dengan yang baterai berdaya lebih besar (sekitar 3000mAh) atau bawa selalu External Battery Charging Pack seperti Power Bank.

GPU:

GPU adalah bagian yang terpenting dalam bermain game, pada prinsipnya GPU mirip dengan CPU namun yang diproses hanyalah yang berhubungan dengan graphic. Karena graphic adalah bagian utama dari game maka GPU yang kencang akan membuat pengalaman bermain semakin seru. GPU juga bertugas untuk mengolah efek-efek game seperti water particle, blur dan lain-lain. GPU yang lebih baik bukan hanya membuat game lebih smooth tapi juga akan membuat game penuh dengan efek. Ada beberapa tipe GPU diluar sana sehingga tidak ada aturan bakunya, tapi setidaknya Tegra 3 (atau Tegra 2 jika budget pas-pasan), Mali 400 MP dan Adreno 225 cukup untuk digunakan bermain game 3D.

Kualitas Layar

Jika urusan hardware bagian dalam sudah masuk dalam kategori smartphone, maka untuk layar juga harus mendukung, jika layar yang di gunakan masih memiliki ukuran yang kecil tentunya akan percuma dan sia-sia saja meski memkiliki bagian hardware yang luar biasa. Ukuran smartphone gaming biasanya di atas ukuran 4.5 inci dan tentunya akn membuat anda lebih baik dalam memainkan game dan lebih luas.

Selain Ukuran Layar salah satu yang harus diperhatikan Adalah teknologi yang diusung,karena semakin tinggi resolusi layar tersebut makan kenikmatan dalam bermain game akan lebih terasa dalam hal gambar yang ditampilkan beresolusi 1080p atau layar full HD sudah banyak di pasaran. Bahkan pada tahun ini kualitasnya akan naik menjadi Resolusi QuadHD yang sudah disematkan pada LG G3 ataupun Oppo find 7.

Kekuatan Prosesor dan Penyimpanan

Kemampuan prosesor yang tinggi adalah keharusan untuk memainkan game HD. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan setidaknya smartphone yang dilengkapi 1.2 GHz Dual Core atau lebih baik lagi Quad Core Processor. Jangan lupa pula untuk mendukung kekuatan itu dengan memory sebesar 512 atau 1 GB RAM. Memory yang kecil akan mencekik output yang mampu dikeluarkan smartphonemu.

Jangan lupa siapkan Internal Storage setidaknya 4 GB supaya cache memory yang terbentuk ketika bermain tidak terganggu. Game terbaru dengan ukuran yang cukup besar biasanya membutuhkan cache memory yang besar pula. Bila memory internalmu penuh, kinerja smartphone akan terganggu dan di saat bersamaan kamu juga tidak bisa memainkan game tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *