Tips Membeli Android Gaming Bagian 1

Menemukan pengguna Android Phone yang serius menunduk sambil memainkan game adalah hal yang lumrah belakangan ini. Pesatnya perkembangan teknologi smartphone berbasis Android telah melunturkan batasan yang mengatakan game canggih hanya untuk PC, Mac, atau Game Console saja. Game yang ditawarkan di Play Store juga semakin marak dengan game berteknologi canggih tersebut.

Sayangnya, tidak semua Android Phone siap untuk menerima game berkemampuan tinggi tersebut. Kebanyakan terbentur oleh sisi spesifkasi yang tidak memadai serta dilandasi oleh faktor “tidak tahu” belaka. Akhirnya, hukum “kalau mahal pasti bagus” berbicara. Padahal kenyataannya, Android Phone untuk keperluan gaming yang serius harganya begitu terjangkau bila tahu apa yang perlu dilihat. Lalu apa yang perlu kamu ketahui?

Memory RAM:

Memory adalah tempat dimana game kamu akan disimpan sementara untuk diakses oleh processor dan GPU. Mengapa tidak langsung mengakses hard drive? Well, karena kecepatan memory jauh lebih cepat dibanding dengan kecepatan hard drive. Memory yang kecil menyebabkan game tidak dapat di load sepenuhnya dan ini terkadang menyebabkan crash. Memory yang lebih besar tidak berarti game-nya akan semakin lancar, yang kamu perlukan hanyalah jumlah yang tepat sehingga game tersebut bisa berjalan dengan lancar. Banyak pengguna yang masih bingung dengan memory dan storage sehingga saya akan jelaskan sedikit.

Storage di gadget kamu berguna untuk menyimpan data secara permanen walaupun handphone dimatikan. Biasanya ukuran storage berkisar 8GB – 64GB untuk handphone kelas atas. Storage penuh tidak berkaitan langsung dengan performa game, tapi sebaiknya tetap sisakan beberapa ratus MB supaya OS dapat berjalan dengan lancar. Katakanlah sebuah game 3D membutuhkan 180 MB dari kapasitas memory dan gadget kamu mempunyai 512 MB memory, secara di atas kertas harusnya game itu berjalan lancar.

Tapi yang harus kamu ingat adalah operating system Android juga membutuhkan setidaknya 200-300 MB dan belum lagi aplikasi yang berjalan di background yang juga membutuhkan memori. Sehingga mungkin ujung-ujungnya kamu tidak mempunyai 180 MB untuk dialokasikan untuk game. Sebagai aturan umumnya, minimal 768 MB adalah batas terbawah untuk bisa memainkan game secara nyaman. Android dengan 512MB juga masih dapat menjalankan game, tentunya serba terbatas.

Versi Android

Usahakan untuk mencari smartphone dengan versi Android 6.0 ke atas. Jadi, menggunakan Android MM, N, dan O adalah keharusan. Mengapa demikian? Karena semua game terbaru dan game berkualitas grafk HD mengharuskan adanya versi Android tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *