Beberapa Kesepakatan Rembug Utama

Pertama, peran kelembagaan tani dalam pembangunan pertanian sangat penting sehingga wajib diperkuat dan ditumbuhkembangkan sekaligus memperkuat jejaring antardaerah, nasional, dan internasional.

Kedua, KTNA sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan bagi pembangunan pertanian akan memaksimalkan teknologi yang telah dihasilkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian.

Ketiga, KTNA dimohon untuk membantu pengawasan RPH (Rumah Potong Hewan) terutama berkaitan dengan ASUH (Aman, Sehat, Utuh, Halal) dan pemotongan betina produktif agar program SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, berjalan dengan baik.

Keempat, memanfaatkan secara optimal dan maksimal program-program Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian (replanting) dan melakukan sinergi yang positif antara petani, pemerintah, pengusaha perkebunan oleh Kelompok KTNA di semua tingkatan.

Kelima, Ditjen Hortikultura mengharapkan agar KTNA melalui Asosiasi Komoditas Hortikultura membangun jaringan informasi produk hortikultura secara nasional agar stabilitas harga komoditas hortikultura terjamin dan tidak terjadi fluktuasi yang tajam.

Keenam, kekurangan jumlah penyuluh sebagaimana amanah UU No. 16 Tahun 2006 dan UU No. 19 Tahun 2013 akan diisi oleh penyuluh swadaya yang berasal dari KTNA.

Ketujuh, KTNA Kabupaten/Kota untuk membuat daftar penyuluh swadaya yang ditujukan kepada Dinas yang membidangi kelembagaan penyuluhan Kabupaten/Kota dengan tembusan kepada Kepala Pusat Penyuluhan BPPSDM Pertanian, Kementerian Pertanian.

Kedelapan, bagi daerah-daerah yang masih mempunyai permasalahan pupuk subsidi dan nonsubsidi diharapkan berkoordinasi dengan PT Pupuk Indonesia (Persero).

Kesembilan, KTNA dalam memasarkan hasil produksi akan memanfaatkan sistem manajemen pemasaran yang dibuat oleh KTNA Nasional dengan nama KTNA-Mart.

Kesepuluh, KTNA siap mempromosikan semua potensi (pertanian, perikanan, kehutanan, dan pariwisata) yang ada di Provinsi Bangka Belitung ke daerah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *